Penyakit Pada Kucing


Selain anjing, kucing menjadi pilihan banyak orang sebagai hewan kesayangan. Selain penampilan yang lucu dan menggemaskan kucing juga tidak membutuhkan pemeliharaan yang sulit.

Kucing dapat dilatih untuk menjadi hewan peliharaan yang baik dan pintar, sebagai teman di rumah maupun saat-saat bepergian.

Sama dengan hewan peliharaan lainnya, perawatan kucing  harus bersih terutama kandang dan tempat makanan atau minumannya. Asupan gizi juga harus diperhatikan dengan baik untuk mendapatkan kucing yang selalu bersih dan sehat. Perawatan kesehatan sangat penting artinya untuk menjaga kucing agar terhindar dari segala penyakit

Namun demikian meskipun pemeliharaan baik, kucing kita sering kali terinfeksi penyakit karena kontak langsung dengan kucing sakit, misalnya saat kucing keluar bermain kontak dengan kucing liar yang sakit.

Kucing peliharaan di rumah juga dapat terjangkit suatu penyakit apabila kucing tersebut tidak lengkap vaksinasinya atau bahkan karena faktor lain, seperti kandang, makanan dan minuman yang kurang memadai.

Berikut beberapa penyakit yang sering menginfeksi kucing baik kucing peliharaan maupun kucing liar.

Penyakit Respirasi Kompleks
Penyakit ini dikatakan kompleks karena kucing yang yang sakit selain sakit pernafasan juga ditemukan ikutan lainnya, seperti konjungtivitis, lakrimasi, salivasi dan ulserasi oral.

Penyebab yang paling sering menyebabkan masalah seperti di atas adalah feline viral rhinotracheitis (FVR), feline calicivirus infection (FCV), feline pneumonitis (Chlamydia psittaci) dan Mycoplasma.

Infeksi saluran respirasi atas sekitar 40-45 % disebabkan oleh FVR dan FCV dan sisanya disebabkan oleh Chlamydia psittaci, Mycoplasma dan reovirus

Penularan penyakit umumnya melalui aerosol,  muntahan, pemeliharaan yang tercemar hewan sakit kemudian secara tidak langsung menularkan ke kucing sehat.

Masa inkubasi infeksi FVR dan FCV berkisar 2-6 hari, sedangkan pneumonitis 5-10 hari. Adanya stress yang terjadi pada hewan penderita kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya infeksi ikutan.

Feline Leukemia (Feline Lymphosarcoma atau Lekosis)   
Yang dimaksud lekosis kucing adalah proliferasi ganas sistem hemopoietis pada kucing. Penyakit ini tersebar di seluruh dunia, dan kerugian ekonomi yang ditimbulkan terbatas. Lekosis kucing dan yang menginfeksi lembu sangat berguna sebagai model untuk mempelajari penyebab leukemia pada manusia.

Penyakit leukemia kucing disebabkan oleh virus, yang dikena dengan nama feline lekosis virus (FeLV) yang tergolong dalam keluarga (subfamili) retroviridae. 

Pada kucing ditemukan dua kelompok retrovirus. Satu dari dua kelompok itu dapat menyebabkan lekosis. Kelompok kedua terdiri dari satu atau lebih retrovirus yang bersifat endogen (hidup laten dalam sel) dan xenotroop (dapat bereplikasi dalam sel biakan spesies lain dan tidak menimbulkan lekosis pada kucing.

Penyebaran virus FeLV tersebar melalui kontak. Kucing terinfeksi mengeluarkan virus melalui air liur. Lekosis kucing dapat dipindahkan pada kucing muda melalui infeksi hewan mati atau material yang telah disaring.

Lekosis ditemukan pada kucing semua umur, tetapi yang paling banyak ditemukan pada kucing berumur muda atau di bawah 5 tahun.

Panlekopeni pada Kucing
Panlekopeni kucing adalah infeksi virus yang menyerang kucing, baik kucing peliharaan maupun kucing liar.

Penyakit ini disebut juga Enteritis Pseudo-membranosa Feline Infectious Enteritis, Feline Distemper.Panlekopeni kucing adalah penyakit yang sangat menular terutama pada kucing-kucing muda dan secara klinis ditandai dengan lekopeni, muntah dan diare. Infeksi kuman-kuman sekunder menyebabkan penyakit bersifat lebih parah. Angka kematian penyakit ini sangat tinggi.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari golongan parvovirus. Virus ini erat hubungannya dengan virus yang menyebabkan enteritis pada Mink.

Bila induk kucing imun menyusui anaknya maka anak kucing itu memperoleh kekebalan melalui air susu induknya. Selama 3-12 minggu anak kucing itu secara pasif kebal. Sesudah itu hingga umur kira-kira 6 bulan anak kucing lambat laun aktif tanpa memperlihatkan gejala penyakit secara klinis.

Infeksi umumnya terjadi melalui pernafasan dan alat digesti. Secara eksperimen kucing dapat ditulari melalui bermacam-macam cara. Virus terutama bereplikasi dalam sel-sel yang sedang mensintesa DNA secara aktif.

Replikasi virus sebagian besar terjadi dalam kelenjar imfe, limpa, sumsum tulang dan timus. Invasi virus dalam bagian tubuh ini menyebabkan limfo dan lekopeni. Sesudah replikasi virus memasuki dinding usus. Hal ini mengakibatkan degenerasi dan nekrosa epitel usus.

Kucing yang tertular menyebarkan virus melalui feses, urin, air liur pada stadium inkubasi dan klinis. Kucing yang sembuh juga mengeluarkan virus selama beberapa hari.

Penyakit Bersin       
Salah satu penyakit yang dapat menyerang kucing adalah penyakit bersin atau dikenal dengan nama Rhinotracheitis atau Feline Viral Rhinotracheitis (FVR) adalah penyakit akut pada bagian muka jalan respirasi kucing.

Penyakit bersin kucing ini disebabkan oleh Herpesvirus golongan A. Virus ini termasuk virus DNA beruntai ganda, bersimetri ikosahedral dan mempunyai selubung protein.

Infeksi diduga terjadi per inhalasi. Virus bereplikasi dalam epitel jalan hawa muka, konjunktivita dan mengakibatkan nekrosa lokal.

Pengeluaran virus terjadi antara lain melalui sekret hidung, konjunktivita dan urin.Penularan dapat berjangkit dalam satu koloni kucing secara laten.

Hewan yang sembuh masih dapat  terinfeksi virus ini. Perubahan lingkungan diduga dapat mengaktifkan infeksi. Kucing dapat ditulari lewat berbagai jalan antara lain intranasal.

Peritonitis Menular
Peritonitis menular atau Feline Infectious Peritonitis (FIP) dalam bentuk klasik adalah penyakit yang berjalan progresif dan umumnya fatal pada kucing.

Pada kucing yang terinfeksi penyakit ini ditandai dengan peritonitis yang bersifat sero-fibrinosa atau dalam rongga perut tertimbun cairan yang banyaknya bervariasi dan mengandung banyak fibrin.

Penyakit ini baru dikenal dalam tahun 1960-an dan pertama kali di temukan di Amerika Serikat. Dalam tahun-tahun berikutnya penyakit ini ditemukan di banyak negara Eropa.

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang tergolong dalam famili Coronaviridae. Virus ini berbentuk pleomorfik dan berdiameter 100 nm. Virus FIP erat hubungannya dengan coronavirus anjing dan coronavirus 229E pada manusia.

Infeksi virus FIP hanya ditemukan pada kucing dan umumnya ditemukan secara sporadik. Mengenai cara infeksi terjadi sesungguhnya belum jelas. Virus ditemukan dalam darah dan eksudat kucing sakit.

Sebagian besar infeksi berlangsung secara subklinis.  Pada kucing yang terinfeksi ditemukan antibodi spesifik dengan titer tinggi, di samping itu kucing memperlihatkan hipergammaglobulinemia. Pada penyakit ini mungkin kompleks antigen-antibodi dan komplemen memegang peranan.

Penyakit mulai dengan gejala-gejala tidak khas, kehilangan nafsu makan, lesu, suhu tinggi dan kemudian terjadi asites.

Palpasi abdomen tidak menimbulkan gejala nyeri walaupun peritonitis telah berkembang. Sekali-kali terjadi pleuritis dengan pembentukan cairan dalam toraks sehingga kucing sesak nafas.

Gejala saraf biasanya terlihat seperti paresis, ataksis, gangguan koordinasi, hiperestesi dan kekejangan. Biasanya kucing mati

Penyakit Pada Kucing

Posting Komentar

  1. saya ingin bertanya kemarin saya menemukan seekor anak kucing yang berada di dekat trotoar dan dia terlihat lemah karena iba saya bawa dia ke kos saya, saat itu saya menyadari bahwa kucing tersebut susah bernafas dan menyendiri. saya pikir dia mungkin lelah atau merasa asing dengan lingkungannya saat ini, tetapi setelah malam menjelang saya tiba2 terbangun dan menemukan bahwa kucing tersebut terkapar mengeong d lantai. saya merasa bahwa dia tidak merasa nyaman jika berada di dalam ruangan karena panik saya menaruhnya di luar kamar saya dan beberapa menit kemudian dia tidak bernafas lagi. saya mulai mencari gejala yang mungkin sebab dari penyakit yang dideritanya itu. bisakah anda membantu saya ?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. @ to Anonim: karena kucing yang ditemukan kucing liar/jalanan kemungkinan memang sudah tidak terurus, akibatnya kurang gizi karena kekurangan makanan. saya yakin kondisi kucing seperti itu memang rawan kena penyakit atau sakit seperti yang diderita oleh kucing yang dipungut tsb. krn sesak bisa juga karena penyakit infeksius atau karena berbagai hal, ada benda asing dll. diagnosa tentu harus melalui pemeriksaan drh. thanks

    BalasHapus
  3. saya mahasiswa FKH UNSYIAH (07),AL.
    terima kasih atas post yang anda buat,sangat membantu saya mendiagnosa penyakit pada kucing saya. meski telat penanganannya krn berbagai kendala,saya dapat ilmu.
    yang mau saya tanyakan kpd dokter:
    1. Zoonosis kah panlekopenia?
    2. berapa persen kemungkinan sembuh kucing berumur di bawah setahun?

    terima kasih,^_^

    BalasHapus
  4. Kucing "Persia" saya mengalami bau badan dan bau mulut yg kurang sedap, setiap mandi selalu saya berikan Sabun cair antiseptik.
    Sekarang saya coba berikan Amoxan cair secara oral setiap 2 hari sekali.
    Pertanyaan:
    1. Apakah tindakan saya sudah benar ??
    2. Penyakit apakah gerangan.
    3. Apa penyebab penyakit tsb ??
    4. Adakah obat yg lebih spesifik untuk menghilang bau badan dan bau mulut ??
    5. Beresiko kah terhadap manusia, ketika memandikannya ???
    Terimakasih....

    BalasHapus
  5. saya mempunyai kucing yang sesak nafas dan tidak mau makan minum serta tidur..penyakit apakah gerangan dan apakah ada obatnya..? please help..

    BalasHapus
  6. saYa mempunyai seekor anjing,umurnya baru 1th,tiba tiba di bawah telinganya muncul sebuah benjolan yang lumayan besar dan berbentuk bulat,setelah saya coba untuk obati benjolan itu mengeluarkan nanah bercampur darah seperti bisul pada manusia..


    kira kira itu apa yaa,teruss gmana cara menanggulangi?????

    BalasHapus
  7. Sy pny kucing,umurnya belum ad 1 tahun,
    wkt itu matanya belekan,
    tp teryata bukan belek yg ad dmatany,melainkan benjolan
    itu benjolan apa ya?
    Bahayakah?

    BalasHapus
  8. kucing saya sebelum melahirkan tdk mau makan dan dan setelah melahirkan mata kucing terlihat tidak seperti biasa atau tidak seperi kucing lainnya kira2 knp ya? mhn info kucing q kshn ni :(

    BalasHapus
  9. dok ..
    kucing sy tadi mati , setelah 1 minggu sakit .
    awalnya sy pikir dia kena flu kucing (dgn melihat gejala mata berair tp susah bernafas krn sepertinya hidungnya tersumbat ) makanya malas makan , & lebih suka tiduran .
    dokter hewan sy menyarankan memberinya vit penambah nafsu mkan untuk memberinya kekuatan , & teman sy menyarankan supaya sy memberinya propolis .
    setelah sy memberinya vit & propolis , dia langsung mau bergerak ( walaupun cuma mengelilingi rumah ) , hidung + mulutnya mulai berair & sedikit demi sedikit mau minum dr tempat minumnya sendiri ..


    tapi stelah hari ke 6 , sy kasihan krn beratnya semakin berkurang . jadi langsung sy bawa ke klinik & disarankan sm dokter untuk d infus krn katanya kena virus calici ..
    setelah 1mlm d inapkan d klinik kucing sy mati .

    pas sy baca blog dokter , sy semakin bertanya2 kenapa dokter hewan sy tdk memberi salep di mata kucing sy yg sakit & tdk memberikan tetes hidung ( ephedrine sulfat dalam larutan 0,25 % yang dikombinasikan dengan antibiotika mampu menurunkan leleran hidung ) spt yg dokter sarankan . malah sampai mati kucing sy susah bernafas ...

    tolong infonya yahh dok ..
    makasiiii

    BalasHapus
  10. pak...tolong bntu, bgmna dan ap obt kucing yg mengeluarkan nanah diperutnya?

    BalasHapus
  11. makasih banyak atas info ny ya,Pak..

    Sy punya pertanyaan, sy punya kucing yang baru saja dilahirkan kira-kira 1 mingguan,tubuh ny suka meringkuk sendiri,tidak mau lurus sperti biasa ny.awal ny cuma 1 kucing sj yg kena,eh smua smua ank kucing yg dilahirkan itu bgitu smua.kucing ny jd suka ribut bgitu kepala ny suka tertarik kbelakang sendiri..sy jd miris lihatny,Dok..

    ap jenis penyakit & penanggulahannya,Dok?

    trimakasih ats prhatianny y,DOK.. :)

    BalasHapus
  12. terima kasih infonya pak
    kalo boleh ksh saran, kucing yang sering mengeluarkan air di matanya lebih baik diberi salep, tapi salep khusus atau obat tetes mata saja :D

    jangan kasih antibiotik dengan kadar sembarangan

    BalasHapus
  13. Dok, kucing saya tidak mau makan, suhu badan panas,dari hidung keluar lendir bau, air liur berlebihan juga bau, matanya berair mengeluarkan lendir kecoklatan, kenapa kucing saya dok, biasanya dia hiperaktif tiba2 jadi mendadak diam. Apakah kena flu kucing? Apa yg harus saya lakukan untuk nyembuhin dia? Makasi atas jawabannya dok

    BalasHapus
  14. Kucing saya nafsu makannya berkurang,nafas terengah-engah dan lebih sering tidur, itu kenapa ya dok?apa solusi dari masalahnya?terima kasih dok, mohon dijawab :-)

    BalasHapus
  15. Jika kucing yang berair dan matanya merah tersebut sebaiknya dikasih apa ya agar si kucing bisa sembuh dari sebelumnya....
    Mohon bantuannya ya dok , mkasii. :)






    BalasHapus
  16. kucing jalannya ga bener sering sempoyongan dan bergetar....penyakit apa ya?

    BalasHapus
  17. pak dokter,, mohon bantuannya, saya punya kucing sdh sminggu ini sakit, awalnya sya kira krn kucing tsb telah mnjadi kucing dewasa jdi sering keluar dr rumah dan jd agak sulit makan, kalo teman2nya makan biasanya dia cm liatin aja, sya pikir mungkin sdh makan hasil berburu dluar, ternyata mkin ksini dia makin sulit makan, yang mnghawatirkan disekujur tubuhnya termasuk telinga muncul benjolan yg ukurannya bervariasi, ada yg kecil dan sedang, bs terasa dgn jelas jika diraba. benjolan berisi spt air n kalo pecah keluar darah.
    saya hrus lakukan pngobatan spt apa ya dok, unt kucing sya? sjauh ini sya cm berikan betadine aja di benjolan tsb,, dan menyuapi dgn paksa agar si kucing tdk trlalu lemah.
    terimakasih dokter.

    BalasHapus
  18. saya mau bertanya, kucing saya tiba2 muntah nah pagi haribya badan kucing saya kotor dan mengeluarkan lendir yang berbau ketika saya mandikan nanti tetap sj seperti itu lagi kemudian kucing saya juga tidak nafsu makan padahal lapar. ketika diberi makan hanya didekati saja.
    kira2 apa yang terjadi dengan kucing saya ini dan bgmn pengobatannya? terimakasih mohon infonya karna saya sangat kasian melihatnya

    BalasHapus
  19. Kucing saya mati dalam jangk waktu sehari. Awalnya dia tiduran aja pas di teliti dari mulutnya keluar lendir. Pas sore hari dia susah payah nafas lewat mulut dan keluar lendir banyak banget. Akhirnya dia mati juga karena susah nafas kayanya. Dia kenapa ya? Padahal saya sayang banget sama dia namanya ucrit. Kasian pas sesak nafas dia mau kabur keluar sambil ngeong2 :'(

    BalasHapus
  20. Dok help, kitten saya berumur 2 bln sepertinya sulit bernafas ... Dan perut seperti bengkak.. Apa itu gejala FIP?

    BalasHapus
  21. Dokter kucing saya terkena bisul , tapi setelah bisulnya pecah beberapa hari kemudian bisulnya timbul lagi dan di tempat yang sama . obatnya apaya dokter?

    Tolong di balas secepatnya ya dokter
    ...

    BalasHapus
  22. Dok..tolong info penanganan bagi 2 ekor kucing berumur 3 bln yg menunjukkan gejala sbb: bersin2 dan nafsu mkn berkurang. Apakah dng memisahkan kandang mereka dpt membantu penyembihan? Dan apa nama obat/multivitamin yg dpt sy brikan kpd kucing tersebut?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  23. Dok saya punya kucing yang sedang sakit. Gejalanya dia batuk dan tidak mau makan. Tidak beberapa lama kucing yang lain mengalami hal serupa. Pertolongan pertama yg harus saya lakukan apa? Trims :)

    BalasHapus
  24. Dok, terima kasih atas informasi yang sangat berguna ini, namun sayang saya baru menemukan artikel ini sehari setelah kucing saya meninggal, berdasarkan informasi diatas kucing saya sepertinya terkena distemper, saya terlambat menangani dan kucing saya tidak mampu bertahan ketika saya bawa ke klinik, seandainya saya tahu lebih awal, mungkin masih ada harapan...

    BalasHapus
  25. dok, kucing saya mempunyai luka seperti bisul namun setelah tanpa sengaja ia garuk bekas lukanya menjadi berair dan kulitnya bolong.
    bagaimana cara mengobatinya ya dok?

    BalasHapus
  26. Dokter, saya punya kucing persia flatnose.... Masuk di usia 6 bulanan, saya liat pertumbuhannya agak lambat... trus nafasnya suka mengi gitu (kayak ngorok)... Pernah saya bawa ke klinik, sama dokter dikasih obat cacing... Selang berapa bulan, kambuh lagi.... saya rontgen ke klinik, hasilnya ada kanut di paru-parunya... dikasih claneksi... Tapi kambuh juga.... dan yang sekarang agak parah karena pake pilek, dan lobang hidungnya tertutup... Minggu kemaren dibawa ke klinik, sama dokter dikasih Claneksi lagi, tapi plus obat tetes hidung dan obat racikan... Yang saya mau tanya, sebenarnya penyakit kucing saya itu apa sih dokter ? Bisa sembuh nggak yah ? Karena sekarang usianya 1 tahun dan dia kucing betina...Kira2 dia bisa di kawinkan nggak yah ? ... Terima kasih sebelumnya dok....

    BalasHapus
  27. Dok.. kucing saya udah 2 hari tidak mau makan, minum sedikit. Beraknya keluar cairan bening agak kental. Matanya jd cekung. Lesu dan lemah. Kira2 sakit apa yah? Dan seharusnya dikasih minum apa? Thx dok.

    BalasHapus
  28. Saya punya kucing umur 1tahunan.dia sering sesak nafas waktu tidur,dan sering bersin2. Tp dia tetap mau makan tapi kenapa dia tidak bisa gemuk ya?matanya tidak bengkak dan tidak ada luka ditubuhnya.mohon show.mis

    BalasHapus
  29. Dok, kucing saya perutnya gendut tapi keras, dan akhir akhir ini dia mau di pegang perut nya,.setiap di pegang perutnya dia tiduran, itu wajar gak dok?

    BalasHapus
  30. Dok, kucing saya sulit kencing, tidak nafsu makan, jalannya pun jadi pincang, suaranya agak berubah, dan diperutnya agak keras.. kira-kira kenapa ya dok, mohon penjelasannya ??

    BalasHapus
  31. dok, saya mau tanya. Saya punya kucing liar beberapa hari ini dia mengeluarkan air liur yang berlebihan dan menjulurkan lidah. Akan tetapi sudah berlangsung selama beberapa bulan kebelakang. hanya kemarin saja keluar secara berlebihan. Apakah kucing saya terkena penyakit rabies atau tidak? kira-kira gimana cara pengobatannya? terima kasih

    BalasHapus
  32. Mau tanya dok, kucing saya mengeluarkan lendir dri mulutnya dan tidak mengeluarkan suara sama skali. Kira2 kucing saya sakit apa dok? Dan apa obatnya. Trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  33. Mana sih respon dr yg pnya blog ini?? Niat ga sih!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar penulis ini bukan dokter. Dari uraiannya terlihat ini artikel terjemahan dari bahasa asing.

      Hapus
  34. drh Yudi Prikitiew

    saran terbaik saya silahkan bunuh saja hewan peliharaan anda, jika mengalami penyakit seperti yang saya uraikan, selain menghemat biaya pengobatan juga mengurangi fokus berkepanjangan terhadap hewan anda yang sakit.
    semoga balasan saya bisa membantu.

    BalasHapus
  35. Saya memiliki 2 kucing dewasa dan 1 kucing muda. Mereka makan dan minum dalam 1 tempat yang sama. Kucing yang paling muda merupakan anak dari 2 kucing saya. Dia tidak diberi vaksin dan 3 hari yang lalu telah didiagnosa tekena FIP. Hari ini dia mengalami kejang yang luar biasa dan mati. Yang ingin saya tanyakan apakah 2 kucing sehat lainnya dapat terinfeksi virus FIP ? dan berapa persen peluangnya ? Saya juga khawatir apakah 5 bayi kucing yang barusan lahir dapat juga terkena virus ? tolong diberikan saran. Ter

    BalasHapus
  36. asalamualaikum dok,mohon bantuannya ,kucing saya sakit ,mulutnya mengeluarkan cairan ,dan mulutnya jg bau ,sudah hampir 2 mnggu dia gk mau makan ,susah sekali untuk mengeong karna kesakitan ,minta bantuanya cara penanganan nya dan obatnya apa ,mkasih

    BalasHapus
  37. Dok kucing saya tidak mau mkn & minum jg nafas nya berbefa dan dia susah tidur , mohon bantuannya dok sekarang juga

    BalasHapus
  38. Dok..
    saya mau tanya..
    kucing saya sudah berumur 2 thn. Dia adalah kucing betina. Hari ini dia sakit dok. Maunya tidur terus. Nafsu makannya juga hilang, dok. Trus dia lemes. Tp dia minum terus dok. Itu gimana ya dok? Ada obat yang gampang dicari atau dibikin sendiri gk dok? Trus nama penyakitnya apa ya dok? Trus dia kan punya anak 3. Mereka masih minum susu sm ibunya yang sakit itu. Itu nular gk dok?
    Tolong di balas ya dok..erima kasih

    BalasHapus
  39. Dok mau tanya saya punya kucing. Tidak bisa berjalan sejak lahir dan tidak bisa berdir. Sepertinya ada gangguan di otaknya. Dia sangat sehat dan gendut. Apakah berpengaruh pada otaknya jika di vaksin? Dan juga bagaimana jika sy ingin membawa nya keluar kota apakah dia akan semakin stres ? Karena jika mendengar suara terlalu bising dia akan takut dan sembunyi

    BalasHapus
  40. Dok tadi Pagi Saya liat darah d pintu kamar kucing saya...
    Tapi darahx seperti abis dsemprotkan semacam bersin.. saya periksa kaki dll ga ada yg luka..
    Apa mungkin dok kucing saya bersinnya darah..
    Trus penangannya gmna ya dok..
    tlong dbalas dok makasih..

    BalasHapus
  41. Dok mau tanya dong kalo penyakit Calici bagaimana penyembuhannya yaa dok ?

    BalasHapus
  42. Dok, kucing sy terkena bisul di bg bwh perutnya pdhl dia lg mnyusui skrg (5 dari sbelumnya 7 anaknya). Bisulnya pecah gk ktauan, jd kmungkinan anak2nya mnghisap cairan yg keluar dari bisul itu dok ... ini 1 lg dah lemas lg pdhl sdh kami pisahkan dari induknya dan dikasi susu KMR. Gmana cara pnanananny y dok, induknya sdh dikasi bedak dari dokter tp msh basah jg lukanya dan berbau :(

    BalasHapus
  43. PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237
    HARI INI KAMI ADAKAN PROMO TERMURA & TERPERCAYA website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com Produk dijamin asli
    ARDHANI SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    Ready Stock ! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.800.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 3 Putih Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32GB Rp.4.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Gold Rp. 3.3000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.600.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 I9500 - PUTIH Rp.1.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 edge 32GB Putih Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 Rp.2.200.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.900.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000
    Ready Stock ! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB-64GB Rp.2.500.000,-

    BalasHapus
  44. Saya ingin bertanya.kucing saya demam lalu makan puntak selera dan dia sulit bernafas karena itu kerjanya tidur saja,apa yg telah terjadi pada kucing saya?bagaimana cara menyembuhkannya?

    BalasHapus
  45. Dok kucing saya sempet ga pulang kerumah seharian, besoknya pas kembali kerumah badannya lemes (tidur terus) dan badannya agak panas, keluar cairan berbau dari mulut,hidung, dan matanya. Kucing saya sakit apa ya dok? dan apa obatnya? Terima kasih :)

    BalasHapus
  46. Dr kucing saya tiba2 lemas kakinya tidak bisa buat menopang badannya , nafsu makan menurun . Sudah dibawa ke dr.hewan . Selang seminggu obatnya sudah habis tapi tidak ada kemajuan apa apa . Saya bawa kembali ke dr hewn lalu kucingnya di infus dan di beri 3 suntikan pada kedua kaki dan punggungnnya . Malamnya kucing menjulurkan lidah dan mengeluarkan lendir di mulut , selaput putih di mata naik menutupi bagian mata . Itu berlangsung sekitar 24 jam . Malam selanjutnya kucing lebih banyak mengeluarkan lendir di mulutnya lalu meninggal . Itu kenapa ????? Apa benar terkena parasit darah ?? Itu menurut dr hewan terkena parasit darah.

    BalasHapus
  47. selamat sore, saya mau bertanya kucing saya betina, dia seperti udh kebelet pingin kawin, tapi setiap saya dekatkan dengan kucing jantan dia malah kabur, tapi beberapa hari ini kucing saya terlihat gelisah berguling2 di lantai, terus sering berposisi seperti mau kawin, dan sekarang mukanya seperti bengkak dan seperti chuby pipinya,? menurut dr apakah muka bengkak ada hubungannya dengan harsat ingin kawin tapi tdk terpenuhi, terima kasih ditunggu solusinya yah dok:)

    BalasHapus
  48. selamat sore, saya mau bertanya kucing saya betina, dia seperti udh kebelet pingin kawin, tapi setiap saya dekatkan dengan kucing jantan dia malah kabur, tapi beberapa hari ini kucing saya terlihat gelisah berguling2 di lantai, terus sering berposisi seperti mau kawin, dan sekarang mukanya seperti bengkak dan seperti chuby pipinya,? menurut dr apakah muka bengkak ada hubungannya dengan harsat ingin kawin tapi tdk terpenuhi, terima kasih ditunggu solusinya yah dok:)

    BalasHapus
  49. Selamat siang, saya mau bertanya, kitten saya umurnya 4 bulan nafasnya terengah2 hinggal bernafas melalui hidung, sebelumnya pun dia sakit dan memuntahkan cacing dari mulutnya, suhu badannya terkadang tinggi saya sudah beri obat cacing tapi hingga sekarang belum membaik, kira2 kucing saya sakit apa ya dok?

    BalasHapus
  50. Dok..
    saya mau tanya..
    kucing saya sudah berumur 2 thn. Dia adalah kucing betina. Hari ini dia sakit dok. Maunya tidur terus. Nafsu makannya juga hilang, dok. Trus dia lemes. Tp dia minum terus dok. terus susah nafas juga, Itu gimana ya dok? Ada obat yang gampang dicari atau dibikin sendiri gk dok? Trus nama penyakitnya apa ya dok?
    Tolong di balas ya dok..erima kasih

    BalasHapus
  51. anak kucing liar di dekat rumah sy mengalami kecelakaan ditabrak motor, terjadi pendarahan dan kaki patah menonjol keluar. skrg sudah hampir 2 minggu sejak kejadian. daging pada sambungan kaki tetap menonjol keluar. nafsu makan kucing tinggi. kucing lincah. awalnya suaranya nyaring, tapi lama kelamaan suara serak dan hampir habis. sejak kecelakaan sering batuk dan bersin. dan sekarang kucing itu bersin disertai darah yang keluar dari hidungnya. mohon diagnosa dan cara pengobatan. jujur sy ingin mengobatinya tp keterbatasan biaya. terimakasih

    BalasHapus
  52. Dok kucing saya nafas ny kayak kecape'an gtu, klo di raba2 perut ny sebelah kiri kok kayak ada benjolan ny di dalam kiri, perut ny kok beda gtu, terus kayak ny kurang suka main2, dengkuran ny jg berkurang,
    Tapi selera makan kucing ny kuat,,
    Gmn ya dok solusi ny, kucing ku kucing kampung,
    Mohon bantuan ny dsini gada drh ny,,

    BalasHapus
  53. Malam dokter saya mau nanya kok kucing saya abis di angkat sama anak saya langsung batuk sama nafasnya nyesek banget tadinya sehat ngga ada apa apa tolong dong dokter saya uda

    BalasHapus
  54. Malam dokter saya mau nanya kok kucing saya abis di angkat sama anak saya langsung batuk sama nafasnya nyesek banget tadinya sehat ngga ada apa apa tolong dong dokter saya uda

    BalasHapus
  55. Malam dokter saya mau nanya kok kucing saya abis di angkat sama anak saya langsung batuk sama nafasnya nyesek banget tadinya sehat ngga ada apa apa tolong dong dokter saya uda

    BalasHapus
  56. Malam dokter saya mau nanya kok kucing saya abis di angkat sama anak saya langsung batuk sama nafasnya nyesek banget tadinya sehat ngga ada apa apa tolong dong dokter saya uda

    BalasHapus
  57. Selamat malam, dok. Saya mau tanya, kucing saya sudah 2 hari ini terlihat kurang sehat, jalannya sempoyongan, dan suka menyendiri. Nafsu makannya juga berkurang dok. Matanya berair. Saya sudah coba kasih kuning telur+madu, hanya beberapa sendok kecil dimakan lalu dia menolak dok. Karena tidak ada klinik hewan 24 jam, makanya saya beri asupan tersebut sebagai pertolongan pertama. Mohon penjelasan dan sarannya dok. Terima kasih.

    BalasHapus
  58. Dok, saran dari saya, kalau dokter menggunakan kata/istilah kedokteran dlm artikel, tolong dikasih arti atau dlm kurungnya, biar yg gak paham bahasa kedokteran bisa ngerti.

    BalasHapus
  59. saya punya kucing kampung yang tadinya lumayan gemukan, banyak makan dan sehat, tapi 2 hari ini kucing saya terkena batuk dan kalau batuk sampai seperti mau muntah setelah itu keluar lendir bening dari mulutnya,dan kadang seperti susah bernapas, nafsu makan juga berkurang. apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi penyakit kucing saya? mohon sarannya.... terimakasih

    BalasHapus
  60. dok,, saya mau tanya . kucing saya baru saja dari mulutnya kelluar liur yang lumayan banyak, sebelum nya dia terkena penyakit flu yang ditularkan dari kucing lain.kucing saya terkena penyakit apa ya dok? trma kasih

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Dok, saya mau bertanya. Kucing saya lg hamil, tp kucing saya juga lagi sakit, kucing saya tidak nafsu makan, matanya berair,bersin bersin dan terdapat sariawan di bibirnya. Kira kira kucing saya terkena penyakit ap? Dan bagaimana tindakan yg harus saya lakukan

    BalasHapus
  63. Dok mau tanya...saya memiliki kucing
    entah kenapa tiba2 muncul selaput warna putih di 2 bola matanya kiri dan kanan,matanya tidak belekan dan berarir padahal..
    dan skrg udah hampir nutupin semua matanya alias 1/2 menutup matanya. Apa yg terjadi dengan kucing saya ya dok? Saya gak tega ngelihatnya . Apakah kucing saya katarak? Apakah berbahaya dok? Saya mohon cara penyembuhannya ya dok supaya mata kucing saya normal lagi. Terimakasih

    BalasHapus
  64. Dok mau tanya, sudah dua hari ini kucing saya lemas,demam, hidungnya ada ingusnya, tidak mau makan, ada selaput pucat di matanya kayak kelelahan gitu, padahal biasanya dia ceria. Biar tidak lemas saya kasih makan sma kuning telur pake pipet tapi malamnya dia muntah warnanga ijo..
    Sekedar info kucing saya ini habis melahirkan sehari sebelum sakit

    BalasHapus
  65. Dok mau tanya, sudah dua hari ini kucing saya lemas,demam, hidungnya ada ingusnya, tidak mau makan, ada selaput pucat di matanya kayak kelelahan gitu, padahal biasanya dia ceria. Biar tidak lemas saya kasih makan sma kuning telur pake pipet tapi malamnya dia muntah warnanga ijo..
    Sekedar info kucing saya ini habis melahirkan sehari sebelum sakit

    BalasHapus
  66. Dok, kucing saya selaput mata yg putih itu menutup kedua mata kucing saya, dan menutup hampir setengah matanya, dia juga disertai diare, kira kira cara pengobatannya gimana ya dok? Ditunggu balasannya

    BalasHapus
  67. Dok, kucing saya selaput mata yg putih itu menutup kedua mata kucing saya, dan menutup hampir setengah matanya, dia juga disertai diare, kira kira cara pengobatannya gimana ya dok? Ditunggu balasannya

    BalasHapus
  68. hai dok saya ingin bertanya kucing saya umurnya 8 tahun dia sakit mata yg sangat parah dok sebelah matanya seperti bernanah dan luka di dalam matanya juga banyak luka meskipun sudah dibersihkan terus muncul dan mengeluarkan darah dan nanah, sebagian kepalanya bengkak kalau di pegang seperti ada cairan di benjolannya itu, dia tdk bisa membuka mulutnya lagi dok dan tdk bisa melihat, kira-kira kucing saya sakit apa dok dan bagaimana cara menyembuhkannya. tolong d jawab ya dok.thank dokter

    BalasHapus
  69. Dok saya mau tanya, kucing saya kayak kalau pada manusia itu ambeiyen..
    Sudah saya bawa ke dokter hewan dan di operasi tapi keluar lagi. Kucingnya sudah mulai tidak mau makan. Adakah solusi yang lain?

    BalasHapus
  70. penyakit kutil pun sepertinya sering terjadi pada kucing

    https://rawatkucing.com

    BalasHapus
  71. dok saya mau tanya, kucing saya umurnya sekitar 4 thn, dia itu lesu banget, nafsu makannya juga berkurang, dulu gemuk skrng kurus sekali tapi perutnya besar banget kalo disentuh dia marah, terus tiap hari dia selalu kebelakang kulkas karena kedinginan padahal harinya panas terus kalo malam suka mojok ditempat gelap, itu kenapa ya dok? saya takut dia kena penyakit parah, aku sayang banget sama dia, tolong jawabanya dok? terimakasih

    BalasHapus
  72. Dok,kucing saya itu matanya bengkak dan sulit untuk di buka, suhu tubuhnya tinggi,lemas,dan tidak nafsu makan.kira- kira itu penyakit apa ya dok?.dok,tolong dijawab secepatnya saya sangat khawatir dengan kucing saya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.