Inseminasi Buatan pada Ayam

Inseminasi tidak hanya dikenal pada hewan besar seperti sapi maupun kambing, akan tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan sekarang banyak dikenal inseminasi buatan (IB) pada unggas, yaitu ayam.

Dibandingkan IB pada sapi, sebenarnya IB pada ayam lebih sederhana dan lebih gampang, karena peralatan yang dibutuhkan sederhana dan semen (sperma) lebih gampang dikoleksi pada ayam dan dapat dilakukan oleh peternak itu sendiri. Sedangkan untuk inseminasi pada sapi membutuhkan semen yang tidak biasa ditampung sendiri dan membutuhkan keterampilan yang lebih sebagai inseminator. 

Inseminasi buatan (IB) pada unggas sebenarnya sudah dikenal sebelum tahun 1926 di daratan China dimana pada saat itu IB dilaksanakan untuk ternak itik. 25 tahun kemudian IB dipraktekkan di Eropa Timur dan Israel pada angsa. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini sudah jauh dikenal untuk mengembangkan unggas terutama untuk ayam pembibitan. 

Teknik perkawinan secara IB diperlukan untuk mempercepat peningkatan populasi ayam, khususnya ayam petelur, pedaging dan ayam kesayangan lainnya. Teknik IB merupakan bagian dari tatalaksana ternak unggas dengan tujuan utama adalah memproduksi anak ayam semaksimal mungkin. Disini ada keterkaitan antara fertilitas, daya tetas dan kemampuan memproduksi anak ayam.

Keberhasilan untuk menghasilkan anak ayam yang berkualitas tinggi tidak terlepas dari jumlah anak ayam yang menetas (daya tetas), sedangkan daya tetas selalu berhubungan dengan fertilitas telur. Tatalaksana yang baik dari induk yang meliputi; perkandangan, pemberian pakan, pemilihan bibit dan teknik perkawinan yang betul akan menghasilkan fertilitas yang tinggi. Dengan manajemen yang baik maka anak ayam yang dihasilkan kemudian digunakan sebagai pengganti induk.

Tujuan inseminasi buatan pada ayam dan ayam kesayangan adalah mempercepat proses regenerasi. Regenerasi pada makhluk hidup selalu terjadi terus menerus dan merupakan fenomena alam. Siklus dari regenerasi pada unggas relatif cepat dibandingkan dengan ternak mamalia. 

Tujuan lainnya mempertahankan sifat keturunan yang baik. Keberhasilan IB tidak hanya menurunkan jumlah biaya untuk pemeliharaan ayam pembibit tetapi dengan perkawinan ini peternak dapat mempertahankan sifat genetic yang baik dari unggas (ayam) yang dimilikinya. Sifat yang baik dari pejantan dapat dipertahankan kemudian dikembangkan dan disebarluaskan kepada peternak lain yang membutuhkan. 

Disamping itu dapat mengurangi dan menanggulangi adanya kesulitan kawin karena perbedaan berat badan antara pejantan dan betina, pada perkawinan secara alam dengan system pemeliharaan dengan lantai liter
(tanah).

 Pejantan yang unggul tetapi mempunyai berat badan yang besar dan dapat mengawini betina yang proporsi badannya lebih ringan dengan jalan IB. Hal ini berarti sifat genetik yang baik masih tetap dapat disebarluaskan tanpa adanya hambatan perkawinan.

Inseminasi Buatan pada Ayam

Posting Komentar

  1. artikel mantap,,, ada video nya mantap lagi gan,,,.///
    cuma saran lo,, saya mau coba bebek ama ayam bisa ga ya??

    BalasHapus
  2. Klau ada gambar ato Videonya sipp,.... Bosssss,....
    ayo tampilkan donk..

    BalasHapus
  3. mantapppppppp tapi masih perlu praktik

    BalasHapus
  4. Klu di jelasin aga ngebingungin,ketimbang klu d prakteknya.benar kata teman2 lbih baik ada videonya.dan videnya bisa d download apalagi lbih manta.....p

    BalasHapus


  5. Perkembangan produk-produk peternakan dan perikanan semakin maju seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Berikut beberapa produk peternakan dan perikanan :

    PRODUK OBAT-OBATAN, VITAMIN, VAKSIN Produksi :
    - PT. Sanbe Veterinary and Aquatic
    - PT. Indosco Boster
    - PT. Natural Nusantara
    - PT. Wonderindo Pharmatama
    - PT. Multifarma Satwa Maju
    - PT. Sarana Veterinaria Jaya Abadi
    - PT. Medion
    - PT. Eka Farma
    - Dll.

    PRODUK PROBIOTIK DAN HERBAL Produksi :
    - Pradiptha Paramita (Minaraya, Jampistres, GraciMax, Promix, GrowBig, Racun Lalat, dll.)
    - Simba Plus (RajaLele, RajaGrameh, SPF, Nutrisi, Nature, dll.)
    - Tamasindo Veterinary (Probio-7, Planton, Raja Siam, Raja Ikan, Proten 2000, dll.)
    - Indosco Boster (Planktop, Sel Multi, Aqua Enzim, Manstap, dll)
    - Nutrend International (Herbafarm Ternak dan Herbafarm Ikan)

    PRODUK PERALATANAN PETERNAKAN dan HASIL PRODUKSI TERNAK :
    - Mesin Penetas Telur Kapasitas 30, 50, 75, 100, 200, 500, 1000, 1500 butir
    - Kolam Terpal Ikan
    - Peralatan Peternakan Hewan Besar
    - DOC/ Bibit Ayam Kampung dan DOD/Bibit Itik
    - Calon Induk Itik Petelur

    Maju Bersama Poultry Shop
    Jl. Sudirman 242 (Simp. Bedagai – Depan Majestyk), Sei Rampah, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara
    HP: 0852.57090.372
    www.majubersamaps.com


    BalasHapus
  6. Bolehkan pengencernya dipakai aquades?

    BalasHapus
  7. NaCl Fisiilogis 0,90% itu belinya dimana?

    BalasHapus
  8. Kalau mau kursus belajar ttg praktek insiminasi buatan untk ayam dimana ya. Yg dekat dgn bali. Hp saya 085333567099

    BalasHapus
  9. Menurut sepengetahuan saya genetik seekor unggas diturunkan lebih kepada induk betina bukan si pejantan. Mohon tanggapannya ya. Terimakasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.