Sulawesi Barat Kekurangan Dokter Hewan

Provinsi Sulawesi Barat sangat kekurangan dokter hewan. Jumlah dokter hewan hanya tiga orang untuk melayani lima kabupaten.

Mereka bertiga bertugas pada fungsi tehnis veteriner Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, Majene, dan Polewali Mandar.

"Sehingga kami sangat kekurangan dokter hewan," ujar Kepala Bidang Produksi Kesehatan Hewan Dinas Kesehatan Sulawesi Barat Agus Rauf Rabu siang ini.

Agus mengatakan kewalahan menangani kesehatan hewan di daerahnya. Apabila ada permintaan dokter hewan dari daerah, dia mengaku sangat kesulitan membagi tenaga yang jumlahnya sangat sedikit itu.

"Idealnya satu dokter melayani tiga kecamatan. Tapi, realitas sekarang satu dokter kdang melayani tiga kabupaten," ujarnya.

Untuk mengatasi kekurangan itu, Agus Rauf sering mendatangkan tenaga ahli hewan dari Balai Besar Veterenir Maros Sulawesi Selatan. Namun, kesulitan tetap saja terjadi terutama upaya mendeteksi penyakit unggas seperti flu burung karena keterbatasan alat.

"Unggas-unggas yang diduga terinveksi virus flu burung sampel darah dan kotorannya terpaksa diperiksa di Makassar karena kami tidak memiliki alat," katanya.

Sumber: http://www.tempointeraktif.com




Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.