Gorontalo Ditetapkan Berstatus Endemis

Dokter hewan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Gorontalo, Drh Fenny Rumporok, Selasa (5/4/2011) mengungkapkan, status endemis ditetapkan setelah kasus flu burung diketemukan di dua Kabupaten lainnya, yakni Boalemo dan Bone Bolango.

"Dengan demikian, kini sudah ada tiga kabupaten dan satu kotamadya yang positif terjangkit H5N1, yakni Kabupaten Gorontalo, Boalemo, Bone Bolango dan Kota Gorontalo," katanya.

Dua Kabupaten lain, Pohuwato yang berbatasan dengan Sulawesi tengah dan Gorontalo Utara yang berbatasan dengan Sulawesi Utara, hingga kini belum memberikan laporan terkait penyakit unggas itu.

Dia menambahkan, sejauh ini juga belum ada laporan dari masyarakat maupun masing-masing pemerintah daerah, tentang adanya penularan ke manusia.

Pihaknya telah memusnahkan ribuan ekor ternak ayam yang terinfeksi virus H5N1, di wilayah-wilayah yang terjangkit.

Pemerintah provinsi Goronyalo juga akan segera melakukan komunikasi, informasi dan edukasi terkait penyakit yang bisa menular ke tubuh manusia itu.

"Sosialisasi ini akan dilakukan dengan memasang baliho di tempat strategis, dan menyebarkan selebaran di setiap daerah, kami juga memanfaatkan media massa," katanya.

Sumber: Kompas.com




Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.