Parasit Daging


Berbagai jenis parasit seringkali atau memang memerlukan daging sebagai tempat hidupnya. Parasit-parasit ini berkembang biak di dalam daging dan dapat membahayakan manusia.

Karena itu dalam memilih daging atau berbelanja daging harus benar-benar memilih daging yang baik dan sehat agar terhindar dari bahaya penularan parasit-parasit tersebut.

Beberapa parasit yang hidup dalam daging dan dapat membahayakan kesehatan manusia antara lain, Cysticercus bovis, Taenia saginata. Parasit ini terdapat di plasenta, lidah, tenggorokan, otot-otot masseter, jantung dan daging disekitar atau diantara tulang iga.

Bentuknya lonjong seperti beras, di tengah ada bintik putih (scoleks) yang berkembang menjadi infektif dan dapat menulari manusia yang memakan daging tersebut.

Sedangkan Cysticercus sekulosa
, Taenia solium Predileksi atau tempat hidupnya pada manusia adalah di usus halus. Parasit ini lebih berbahaya jika dibandingkan dengan T. saginata karena pada manusia selain terinfeksi cacing juga dapat terkena oleh cysticercusnya yang dapat mencapai otak dan dapat menimbulkan penyakit yang parah seperti epilepsi sampai menimbulkan kematian. Selain itu juga dapat menyebabkan autoinfeksi oleh karena taeniasis dan cysticerkosis.

Jenis parasit Strongyloides stercoralis yang terdapat pada daging dapat menyebabkan autoinfeksi. Perlakuan terhadap daging sebaiknya direbus dengan suhu 40-80 °C selama 1-2 jam, atau dengan penambahan air garam 25 %.

Trichinilosis, T. spiralis yang hidup di usus (dewasa), di otak (larva), diafragma, faring, ginjal, otot perut dan daging diantara tulang rusuk. Sering menginfeksi manusia, babi dan anjing.


Echinicoccus granulosus terdapat Parasit ini terdapat pada sapi, kambing, dan babi.  Predileksi cacing ini yaitu pada paru, limpa, ginjal dan perut/usus.

Daging yang tertular parasit-parasit ini harus dibuang atau diafkir agar tidak tertular dan menjaga daging tetap ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).


Parasit Daging

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir di blog ini dan jangan lupa tuliskan komentar anda. JANGAN SPAM...Oke!

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.